My baby..."Welcome to the world"

Mulai masuk minggu ke 38 terasa makin deg-deg an aja. Udah makin dekat aja waktunya. Gak terasa akhirnya penantian yang diawal-awal terasa luamaaa banged waktu trimester pertama, trus dilanjut trimester kedua yang terasa sangat menyenangkan sampe akhirnya saat-saat trimester ketiga yang disibukkan dengan segala persiapan untuk menyambut hadirnya ci dedek.

Saat mama udah dateng, terasa lega banged, karena ada yang nemanin dirumah, secara tiap hari sendirian, takut kenapa2 juga gak ada yang tau.

Untuk persiapannya sendiri, alhamdulillah udah hampir kelar. Barang terakhir yang dibeli itu box jaring (playpen) buat dedek bobok ama container excel untuk tempat bajunya.
Tinggal menunggu waktu nih..

21 Januari 2009

Pagi-pagi masih berasa biasa aja, nyiapin barang2 ama bekal buat mas ngantor, beberes rumah sambil internetan juga ( hihihi.. tiada hari tanpa internet khan..? )
Pas ke km mandi, terasa ada yang beda aja, kayak lendir gitu keluar. Tapi teteup tenang karena yakin kalo itu gak kenapa2, bukan tanda2 mo melahirkan. Kan kemarin2 udah tanya2 gimana tanda2 kalo udah waktunya. Bidan di bintaro yg jadi guru senam di tempat yang aku ikutin bilang, kalo kontraksi itu sakit di bagian bawah merata sampe ke pinggang. Kalo dibawa tidur malah makin sakit. Trus ada flek darah keluar. Berarti bukan kan..?
Tapi teteup aja ngelirik ke jam tiap kali ada rasa sakit ato gak enak didaerah bawah sono.
Sampe malam juga masi bisa bobok walo gak nyaman karena makin malam kok intensitas sakitnya makin teratur. Tiap 5 menit, tapi makin malam makin lama, jadi per 20 menit. Kan harusnya dari yang lama jadi makin sering. Berarti bukan kaann..? (teteup tenang..) n teteup bobok sampe pagi. :P

22 Januari 2009

Pagi-pagi, mas masi nanya juga, karena agak2 khawatir takutnya waktu dia pegi kerja malah kenapa2. Tapi dengan santai aq bilangin, "gpp kok sayang, biasa aja". Masi gak ada flek, ato sakit yang gimana2. Jadilah suami tercinta masi berangkat kerja.
Untuk kontrol mingguan, masih besok. Tapi mas pengen hari ini aja supaya tenang, lagian ntar senin mo libur, jadi takut kalo ntar jumat banyak kerjaan, gak sempat kontrol on time. Oche dhe honey..

Jam 21.10
Di dokter sambil nunggu antrian, masi juga bisa cengengesan soale yakin gak kenapa2. Paling ci dedek lagi usaha biar posisinya pas masuk panggul. Semoga bisa lahiran normal ya dek.. amiinn..
Pas di dokter, langsung mas tanya, kenapa kok di bagian bawah-ku terasa sakit.
Akhirnya dokter bilang, yuk periksa dalem. Yaiks.. ini yg paling aq takut. Abis kata orang2, periksa dalem itu sakit banged dan aq lom pernah sekalipun periksa dalem sampe umur kehamilan segini.
Ternyata gak segitunya kok, cuma rasa gak nyaman aja. :P
Begitu duduk lagi sambil nunggu penjelasan Dokter, masi juga berasa PD gak ada apa2.
" Gimana Dok..?"
" Wah, udah dekat nih waktunya.."
" Ooo.. kira2 brapa hari lagi ?"
" Kalo gak malam ini ya besok. "
" Saling pandang mesra kaget, dengan mata terbelalak."

Malam ini..? Besok..? Haahh...
Benar-benar diluar dugaan. Benar-benar gak nyangka. Kirain dokter bilang udah dekat, masih beberapa hari lagi. Bukan gak excited pengen ketemu ci dedek. Tapi masi shock aja kok malam ini..

" Kalo mau, masuk aja hari ini."
" Karena ini udah bukaan 2"
" (Glek..)Iya dhe Dok, ntar kita siap-siap dolo."
" (keluar ruangan dengan wajah paling aneh..)

Jam 22.05
Pulangnya masi sempat beli kelapa muda. Ntah kenapa kok dari kemarin pengen banged. Terbayang2 segarnya. Huehehehe..

Sampe dirumah, langsung ngasi tau mama, yang responnya.. ya.. gak jauh2 dari dugaan juga. Huehehe. Kaget, melongo, gak percaya.

Jam 22.50
Jadilah kami memutuskan untuk masuk RS aja malam ini. Takut kalo ntar malam kenapa2 n makin repot karena gak ada kendaraan. Gak muin kan dah mo brojol masi aja naek motor. Mending pegi dengan tenang2 sambil nunggu di RS.

Untung tas perlengkapan udah disiapin 2 hari lalu, jadi tinggal berdoa, bersiap mental dan berangkat. Masi aja sempat minum air kelapa yg suegerr itu sambil cerita2 dan sms an ke Pa, ND, Oq skalian minta doanya. Yakin banged, semua pasti kaget. Huehehehe.



Gak lupa juga dokumentasi, apalagi emaknya emank banci foto, jadilah pake acara foto2 dolo sebelum berangkat. Skalian buat kenang2an. Langsung berangkat dhe sekitar jam 11 malam, masi sanggup naek motor ke RS, sambil cerita2 lucu juga. :D








Jam 23.05
Sampe di RS, ke bagian pendaftaran dolo, nanya2 kamar (again) ama prosesnya. Masi aja cengengesan, sampe2 susternya gak tau kalo aq loh si ibu yang mo lahiran ini. Ternyata systemnya pasien teteup nunggu di ruang bersalin, sementara keluarganya ato yang nungguin bole ada di kamar rawat inap. Lho..
Tadinya pengen biar tenang, sama2 aja nunggu bukaan di kamar rawat inap, bisa dengan keluarga, jadi hati lebih tenang. Ntah kenapa kok rasanya nunggu di ruang bersalin itu ngeri. Hahaha.. cemeennnn..
Setelah konsultasi dengan bidan disana, akhirnya mereka mengijinkan aq nunggu di kamar rawat inap dengan catatan kalo ada apapun cepat2 telp ato ngasi tau suster jaga. Oche dhe mbak suster..

Jam 23.45
Aq diruang bersalin bentar untuk cek tekanan darah, cek bukaan, ama suntik buat ngecek alergi obat.


23 Januari 2009

Karena jam udah nunjukin pukul 00 lebih (lupa lebih brapa), makanya udah tanggal 23 aja.

Urusan yang satu udah kelar, tinggal jemput mama. Jadilah sementara aq dititipkan di ruang bersalin sambil di nunggu hasil cek suntik alergi, sementara mas balik jemput mama. Sambil nunggu2, daripada dengerin suara yang gak-gak (padahal gak ada apa2, gak ada yg lagi bersalin juga waktu itu, jadi gak ada suara2 mengerikan ato teriak2 kayak di film gitu) mending dengerin lagu dr hape. Untungnya semua lagu2 udah dimasukin ke hape, jadi gampang dhe mo pilih2.

Jam 00.40
Lagi enak2 dengerin lagu, kok tiba2 terasa ada air keluar dengan deras. Perasaan gak pengen pipis dhe. Udah gak enak ati aja. Mana baju juga udah basah. Jangan2 air ketuban. Oh nooo...
Langsung dhe manggil suster nanyain kenapa kok berasa ada air keluar. Sesudah di cek, ternyata benar kalo ketubanku udah pecah. Oalah...
Yang terbayang saat itu adalah, aq gak bisa dunks nunggu di ruang rawat inap (huaaa..) sambil jalan2 biar bukaannya lebih cepat. Secara kalo ketuban udah pecah, tinggal nunggu bertambahnya bukaan tapi harus di tempat tidur, karena kalo jalan2 ntar air ketubannya malah abis n itu bahaya buat dedek.
Kalo nunggu bukaan bertambah tapi gak aktif jalan, kata orang2 ntar lama bertambahnya bukaan itu. Bisa seharian bisa juga lebih. OMG..
Begitu mas sampe di RS ama mama, sekitar jam 12, aq langsung bilang, kalo aq gak bole lagi ke ruang rawat inap karena dah pecah ketuban.
Ya sutralah.. akhirnya nunggu juga di ruang bersalin itu.
Karena ketuban dah merembes keluar, makanya bidan mulai ngecek detak jantung bayi. CTG ya klo gak salah namanya. Jadi dilarang gerak2 biar hasilnya akurat. Herannya dedek gak mo brenti bergerak. Jadi mesin perekam detak jantung itu berisik banged. Suster2nya ngirain kalo aq yg bergerak2 mulu, sampe2 beberapa kali dicek. :P

Jam 01.30
Lama2 kok ya intensitas sakitnya makin sering dan makin sakit. Oohh.. ini toh yang namanya kontraksi.. gak tau udah bukaan berapa. Gak tau kenapa kok aq dipasangin oksigen juga. Mungkin karena pernafasanku pendek2 dan singkat, jadi khawatir ci dedek gak cukup asupan oksigennya kali ya. Seumur2 baru ini masuk RS, nginep, sampe dipasangin oksigen. Berasa sakit parah aja. Jadi tambah ngeri. Parno dot com lah pokoknya.
Pas udah kerasa mules banged, mama nanya ke bidannya kapan mo dicek lagi bukaannya. Waktu itu emank aq sendiri pun rasanya dah gak sabaran. Kok Dokternya lom dikasi tau..? Ntar malah gak sempat dateng ato malah telat sampe sini. Masa dedek disuruh nungguin dokternya dateng dolo baru bole brojol..? huee...
Periksa dalam, ternyata udah bukaan 6. Alhamdulillah.. stengah lebih udah terlewati. waktu itu udah sekitar jam 1.30 pagi. Untuk bukaan awal dan status lom pernah melahirkan sebelumnya, bukaan bertambah sampe segitu dalam waktu gak sampe 2 jam termasuk cepat loh. Tapi teteup aja berasa lama banged, secara kan mules2. Kalo di mall sih gak kerasa udah bisa sampe 5 jam aja. :))

Jam 01.50
Dokter udah dikasi tau (kata bidannya) jadi udah siap2 otw kesini. Duh, ngebut ya dokter.. jangan kelamaan dijalan.. huehehe.. dan akhirnya aq dipindah ke ruang yg satunya lagi, tempat untuk bersalinnya. Ternyata yg tadi tuh ruang menunggu bersalin aja kali yee..

Jam 2.15
Di ruang bersalin itu kontraksi makin terasa. Bekal ilmu senam hamil terasa susah diprektekkan. Gak kebayang dhe rasanya mesti narik nafas panjang sementara kita ngerasa sakit. Udah narik nafas panjang tiap kali kontraksi dateng, udah ngucap2 juga, sampe udah pegangan di besi tempat tidurnya, teteup aja kok rasanya gak lega.
My lovely chubby hubby aja sampe binun mo ngapain. Cuma bisa gandeng tanganku aja, tapi itu sudah sangat melegakan. Ditambah lagi mama ada didekatku. Rasanya aman banged.
Hihihi.. gak sampe yang teriak2 ato malah katanya ada yang maki-maki ato nyakar2 suaminya.
Kasian banged kan ntar kalo udah selesai lahiran, ci dedeknya mulus, ganteng tapi ayahnya cabik-cabik kecakar emaknya pas lahiran. Hahaha..

Akhirnya saat itu pun tiba. Dokter udah sampe, udah siap2 dengan pakaiannya. Upss.. baru keinget betapa nyesalnya aq gak ikutan kelas senam hamil terakhir. Kalo gak salah itu pas minggu ke 37. Kenapa..? Karena di minggu akhir itu ada pelajaran ngeden. Kalo pas minggu2 awal gak bole praktek, takut kenapa2. Kalo udah deket due date kan gpp. Mau gak mau juga dedek dlm peyut udah cukup umur, jadi lebih save. Waktu itu udah dateng sih ke tempat senam hamil, tapi karena lom mulai, makanya nyari sarapan dolo. Tau-taunya lagi asik nongkrong disana, malah ujan lebaaattt banged. Nunggu-nunggu reda ampe jam 9 lewat. Yaa.. udah lebih dari 30 menit mulainya. Gak enak banged mo masuk lagi. Dalam ati sih, minggu depan aja dhe. (tapi gak kesampean juga karena minggu depannya juga gak dateng senam karena perut udah berasa beraatt banged, apalagi mesti naek motor kesana.. hadoohh..)

Udah bukaan lengkap, yang rasanya udah gak sabaran pengen ngeden aja, biar cepat ketemu dedek, tapi ya mesti nunggu kontraksinya dolo. Jadi ada aba2 dari bidan baru bole ngeden. Itu juga gunanya biar ada daya dorong dari dalam, jadi lebih mudah bagi bayi untuk keluar.
bener aja, apa yg dipelajari di senam hamil, jadi kabur gak berbekas. Yang inget cuma cara bernafas pendek2 itu. Itupun sempat salah juga sampe kayak kerasa megap keabisan udara. Hehehe.
Pendamping aq pas lahiran ya tentu aja cuami tcintah, sesudah meyakinkan dirinya, kalo emank bener2 kuat ngeliat semua yang gak terbayang itu.
Kok rasanya lamaaaa banged, sampe akhirnya dedek keluar. Tapi pas keluar kok ya gak berasa banged. Tau-tau udah ada suara dokter yang bilangin, udah, gak usah ngeden lagi. Trus langsung kedengeran lah suara tangis bayi yang super duper kencang.
Alhamdulillah. Paling gak kita tau kalo gitu berarti bayinya gak kenapa2. Trus ingetin ke mas untuk inisiasi.
Dokter langsung letakin ci dedek didadaku.

Jam 02.55
Subhanallah.. I'm a mommy now.
Berasa gak percaya kalo udah ada seorang bayi didadaku. Masih merah, bernoda2 darah dan kekagetan membuat aq gak tau mo apa. Sampe2 dokternya bilang, "dipegangin Bu anaknya, ntar jatuh."
Sayangnya suhu udara di ruangan terlalu dingin. Mungkin juga karena pagi buta, jadi udara terasa lebih sejuk. Makanya (menurut mas) begitu keluar, ci dedek langsung nangis keras n keliatan mengigil karena kaget dengan perubahan udara yang begitu jauh. Agghh.. kesal juga kenapa kok udara diruangan dingin banged. Tapi mungkin juga kalo gak dingin, aq dah keburu pingsan. Lha wong udara dingin aja baju ama rambutku basah kuyup sama keringat. Makanya gak bisa lama2 dhe inisiasinya. Hiks..

Sesudah itu, dokter masih harus berurusan denganku sementara mas mesti ninggalin aq karena mo liat ci dedek diperiksa sekalian adzan ditelinganya dedek.

Setelah beres, aq masih harus ada diruangan bersalin, paling gak selama 3 jam lagi, untuk ngeliat apakah ada pendarahan atau gangguan dll. Jadilah aq, mama ama mas ngumpul2 sambil cerita2 disana. Rasanya legaaaaa banged. Masih aja gak percaya baru abis lahiran. Mas juga mo balik kerumah buat ngubur ari-ari.

Jam 6 aq dianter ke kamar rawat inap. Udah bole gerak2 kiri kanan dll biar tau ada gangguan atau apalah. Udah dapet makanan juga, n disuruh maem.

Biasanya sih jam 6.30 sampe jam 8 bayi dianter ke ruangan ibu. Tadinya aq pengen minta rooming in. Tapi dokter mengingatkan kalau disini RS umum dengan berbagai praktek dokter spesialis didepan sono n takut kalo banyak orang atau orang yang jenguk ntar bayi malah terkena penyakit dari luar. Untuk sekarang ini bayi sedang ada di ruang pemanas karena agak kaget karena perubahan udara tadi. Tapi keadaan bayi alhamdulillah sehat walafiat, lengkap dan bersih.
Yup, bidan disana juga pada bilang, duh, ganteng banged, kulitnya bersih, putih. Huehehe. Bundanya banged. Kikikik..

Ilmu yang kudapat :
*Rajin-rajin latihan pernafasan panjang, pernafasan pendek, biar gak kagok pas prakteknya. Karena hampir dipastikan, krn latihannya sekali2 aja semua ilmu itu terbang ntah kemana pas aq lahiran. Hahaha..
*Pas ngeden jangan angkat pantat, krn justru makin syusah n itu bikin koyak juga. (tips dr linda, yang gak bisa kulaksanakan, secara aq gak ngerti posisi gimana sih pas lahiran itu)
* Tempat tidur lahirannya kurang enak, abis tempat tidurnya datar, jadi tubuh kita ditopang sama pendamping karena kita kan berpegang ke kedua kaki. Kalo yg pernah aq liat, tempat tidurnya itu hampir tegak, jadi secara gak langsung kan kita gak terobsesi ngangkat pantat juga. Berat juga kan sama pendamping buat ngangkat kepala dan punggung kita pas kita kontraksi n disuruh ngeden. Kalo si pendamping gak kuat, ato ngangkatnya kurang tinggi ya otomatis kita kan agak terjungkir n pantat kita jelas terangkat. :P
* Ngeden gak usah pake suara, jangan ngedennya di muka (jadi merah padam) ato dileher ( jadi mengeluarkan suara aneh :P ) karena gak ada daya dorongnya buat bantu bayi keluar.
* Kalo bayi kelamaan dipintu jalan lahir, ntar kepalanya jadi agak lonjong, n gak bulet cantek gitu. jadi ntar kalo gede dia mo pangkas plontos jadi gak bisa dhe. Huehehe.

Alhamdulillah semuanya lancar. Ternyata bagitu banyak nikmat Allah buat keluarga kecil kami ini. Rezeki datang tak terduga, kehamilan yang lancar2 aja, hingga proses persalinan yang cepat membuat kami gak henti-hentinya bersyukur atas semua ini.

" Ya Allah, berilah kami kekuatan untuk menjaga karunia dan titipanMu ini dengan sebaik-baiknya."Amiinn..

0 comments:

Post a Comment

 
Let's Have Some Fun Blog Design by Ipietoon