Kmarin dapet inbox di fb dari salah seorang customer yg merasa kesal, katanya " pembeli kan raja".
Terus terang, kata2 ini membuat saya menghela nafas panjang, pengen nyengir kuda ajah.
Pembeli adalah raja. Masih pas kah slogan sekarang ?
Bukannya meremehkan pembeli, tapi akhir-akhir ini banyaaakkk sekali pengalaman gak enak.
Ada yang booking sampe kalender dinding dibalik juga blm kelar2 urusannya, ada yang booking kelewat lama akhirnya batal, ada yang semangat banged nulis booking di tiap gambar tapi pas di confirm, akhirnya cuma ambil 1 item (padahal itu 1 day sale), ada yang minta cariin barang, pas udah dapet, orangnya ngilang begitu ajah padahal bgnya udah dibeli. Ada yang alesannya sakit mulu tiap x ditagih transferannya :D
Kata orang, jualan itu melatih kesabaran, mengenal karakter orang. Tapi kok ya lama-lama stok sabar saya menipis. Ada yang tau bisa beli dimana..?
Prasaan dulu pas pertama x saya kenal jual beli online, berusaha jadi pembeli yang baik. Customernya juga baik-baik. Begitu dikasi totalan langsung ditransfer. Kecuali ada alasan yang urgent, keybca terblokir, atm ketelan dimesin ato modemnya lagi sakit, jadi gak bs internetan. Tapi itu kan gak sering kita alami :P
Sekarang.. hmmm.. jualan tuppy brgnya susahnya ampuunnn.. bersyarat buanyak bener.. jualan gak bisa harga katalog.. yang beli bookingnya ampe kita sempat 2x potong rambut, transferan blom juga masuk.
Ditambah lagi orang-orang tak bertanggung jawab yang ikutan membuat kesabaran habis.
Pernah orderin barang ampe hampir sejutaan, karena orangnya langganan, janji mo transfer sorenya. Barang udah dibeli, sorenya orangnya cancel. hmmm.. mo dikemanain barang yang udah diorder itu..? Kalo barangnya yg umum, yang orang lain pada nyari juga ya gampang sih. Kalo barangnya agak aneh, limited, yang gak semua orang selera ato gak rela buat beli barang dengan harga segitu..?
Berikutnya dia order lagi, rasa wajarlah kalo kita nyuekin, males ladenin orang begituan. Yang bersangkutan marah, bilang " yang jualan bukan lo ajah".
Trus yang pesan brg ini itu, buanyak, minta free ongkir. Klo jabotabek sih bisalah.. Lha klo dia tinggal di pulau lain? yang ongkirnya 35rb sekilonya. Mana selalu kena volume. Minta bonus, starchart, activity pula. Trus kita dapet apaan?
Yang janji mo transfer, ntar-besok-ntar-besok-ntar-besok mulu. Emank kita ambil barang gak pake duit..??
Yang ikutan 1 day sale, udah jelas rulesnya transfer hari yang sama. Teteeeppp ajah, transfer udah beberapa hari berikutnya, gak ngemeng dulu kek klo mau transfer, ke-PD-an ajah brgnya masi ada. Diblg udah sold out, ngamuk gak jelas, bilang kita gak profesional.
Hmmm... hari ini ada yang bilang "pembeli adalah raja". Bole gak kalo kita bilang, "pembeli bukan loe ajah".
Iya, rejeki gak kemana kan. Insya Allah selalu ajah ada rejeki untuk kita yang mau berusaha.
Hellowww... hare gene mestinya semua sadar. Kita simbiosis mutualisme. Saling membutuhkan. Meski penjual banyak, tapi pembeli juga kan banyak. Lebih mending punya beberapa pembeli biasa yang lancar jaya daripada 1 pembeli besar yang ribet, bin ruwet, nyusahin, prosesnya lama.
Slogan pembeli adalah raja, rasanya udah gak pas lagi dhe dipake sekarang. Kita saling membutuhkan, be a wise buyer, jangan asal ngomong booking, biar gak pernah ada perasaan gak enak walau hanya di dunia maya.
Jadi pengen brenti jualan ajah ahh.. lama2 capek ati. Tapi klo inget-inget teman2 dunia mayaku disana, yang baik hati, lucu, kok agak blom rela ya..? Gimana doonnggg....
hihihii:)
ReplyDeleteistirahat dulu ajah kali mbak:)
btw soal tuppy,aku jg da nyerah.ga sebanding dah.transportnya dll.lagian skrg da byk yg potong langsung harga member.gigit jari dah:p
ya suds akhirnya stop jualan tuppy:D
sabar yaach.... :-) mudah-mudahan yang njelimet benang kusutnya terurai satu-satu.... :-) kalau lagi sumpek gitu.. coba diinget-inget juga kesuksesan sis dalam berjualan... siapa tau bisa menghibur hati... :-)
ReplyDeletettg pembeli adalah raja: khusus pembeli yang sudah bayar/transfer hihihi... kalau baru nanya-nanya mah masih CALON pembeli.. jd kl ada yg lelet (lelet bayar or lelet ngambil keputusan brg mana yg mau dibeli) kita galakkin jg nggk papa aheiaheihaeihiae *ketawa sambil keluar tanduk*
semangaaaaaadd.........!
hehehe, iya mba, mudah2an balik lagi rasa sabar luar biasaku yang dulu. Hihihi.. iya, ini blom transfer udah banyak permintaan, pas ditotalin orangnya gak muncul2 lagi. Wkwkwkwk... naciippp...
ReplyDeleteHahaha.. iya.. kmarin aq udah mo nyerah aja, abis gak pernah ada kata sepakat dari sesama penjual. Malah kadang managernya ngasi disc 33%. Mo pingsan ajah liat share nya :D
ReplyDeleteJadi pengen balik jualan baju baby ajah, lucu2, cantik2, bikin seneng dhe :D
yaa begitulah memang jadi penjual.. nggak gampang... org ngomong seenaknya krn dia ngerasa dibutuhkan, dia nggak kepikir bahwa dia juga membutuhkan orang yg jual, stock sabarnya diperbanyak aja, emosi nggak diturutkan.. dan cuek aja dia mau ngomong apa, yg penting layani aja yg baik baik, yg nggak baik jangan dikasi ampun, delete aja, krn kemanapun dia menjadi pembeli nggak bakalan dilayani... okay...
ReplyDelete